Payudara Wanita Berdasarkan Umur

Payudara wanita akan terus mengalami perkembangan mulai dari masa pubertas hingga usia tua. Anda harus mengenali kondisi payudara Anda berdasarkan umur untuk mencegah penyakit kanker payudara yang mungkin menyerang Anda.

Berikut kondisi payudara wanita berdasarkan tingkatan umur, seperti dilansir dari womenshealthmag, yaitu:

1. Wanita usia 20-an tahun

Kelenjar payudara pada wanita yang masih muda memiliki rasio yang lebih rendah terhadap lemak. Sementara itu, jaringan ikat pada payudara yang disebut ligamen cooper masih kencang dan dapat menahan bentuk payudara Anda.

Pilihlah ukuran dan bahan bra dengan tepat yang mampu mendukung payudara Anda dan pakailah sport bra setiap kali Anda berolahraga.

Ketika muncul benjolan pada payudara, mungkin itu suatu fibroadenoma, yaitu tumor jinak yang terjadi pada 13 persen wanita. Benjolan tersebut dapat setinggi 2 cm dan terasa seperti kerikil halus yang bergerak ketika ditekan. Sekitar 50 persen dari massa benjolan tersebut akan hilang dengan sendirinya jika Anda telah mendekati usia menopause.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada payudara Anda, lakukan pemeriksaan sendiri secara rutin tepat setelah haid dengan meraba apakah ada benjolan pada payudara Anda. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan klinis tahunan ke dokter spesialis Ob-Gyn. Risiko kanker payudara pada usia ini adalah 1 dibanding 1.681 orang.

2. Wanita usia 30-an tahun

Ketika hamil, Anda mungkin perlu bra baru dengan ukuran cup D. Perubahan ukuran tersebut disertai peregangan kulit sampai ke batasnya, sehingga produksi kolagen terganggu, payudara akan kendur dan timbul garis-garis peregangan atau stretch mark setelah melewati masa kelahiran.

Untuk meminimalkan perluasan payudara, jagalah berat badan Anda ketika hamil agar tidak terlalu berlebihan. Tetapi pastikan berat badan Anda sehat untuk bayi yang berada dalam kandungan Anda.

Hampir sepertiga wanita yang menyusui mengalami mastitis, yaitu infeksi yang menyebabkan benjolan merah yang menyakitkan dan gejala seperti flu. Antibiotik dapat mengatasi infeksi tersebut dalam waktu sekitar seminggu.

Pada usia ini Anda tetap perlu memeriksa payudara sendiri sebulan sekali dan memeriksakan payudara Anda ke dokter spesialis Ob-Gyn setiap tahun. Jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kanker payudara, Anda harus waspada dan melakukan pemeriksaan mammogram lebih awal pada usia 35 tahun. Risiko kanker payudara pada usia ini adalah 1 dibanding 232 orang.

3. Wanita usia 40-an tahun

Bahkan jika Anda belum pernah hamil, lobulus atau kelenjar yang memproduksi susu mulai menyusut dan menyebabkan payudara kendur. Hanya bedah permanen yang dapat memperbaiki bentuk payudara yang telah kendur karena usia.

Tubuh telah merilis lebih banyak estrogen sebelum ovulasi untuk mempersiapkan masa menopause. Produksi hormon dalam jumlah besar tersebut dapat memacu pertumbuhan kista yang berisi cairan dengan lebar hingga 2 inci. Jika muncul benjolan yang menegang seperti ketika menstruasi, periksakan segera ke dokter untuk kemungkinan kanker payudara.

Pada usia ini Anda perlu memeriksakan payudara dengan tes mammogram mulai usia 40 dan ulangi setiap satu atau dua tahun. Resiko kanker payudara pada usia ini adalah 1 dibanding 69 orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: