Menjajal Layanan Google+

Layanan jejaring sosial Google+ yang baru diperlihatkan oleh Google hari ini nampaknya cukup membuat ramai dunia jejaring sosial. Sayang, layanan tersebut masih dalam tahap uji coba, untuk menggunakannya pun harus melalui ‘undangan khusus’ dari Google.

Meski harus mendapatkan undangan khusus dari Google untuk akses masuk, namun situs utama Google+ tetap bisa dibuka untuk umum.

“Saat ini, kami masih menguji coba situs ini dengan sejumlah kecil pengguna, tapi hal tersebut tidak akan memakan waktu lama. Tinggalkan alamat email anda, kami akan memastikan anda menjadi yang pertama apabila kami siap mengundang lebih banyak orang untuk uji coba ini,” tulis pihak Google di situs tersebut.

Ketika Okezone, Kamis (30/6/2011), masuk ke situs Google+, setidaknya ada enam fitur utama yang ditawarkan, yakni Sparks, Circle, Photos, Profile, Dashboard dan Hangouts.

Berdasarkan menu ‘learn more’ yang kami telusuri dijelaskan bahwa Circle adalah sebuah fitur untuk berbagi hal dengan pengguna yang berbeda. Di situs Google+ disediakan pula sebuah video YouTube sebagai panduannya.

Lalu ada fitur seperti Hangouts. Disebutkan pula bahwa fitur Hangout memungkinkan 10 pengguna untuk masuk dalam satu grup video chat.

Fitur terakhir yang dijelaskan di situs Google+ adalah Sparks. Fitur ini memberikan feed dari hal-hal yang pengguna sukai. Seperti berbagi feed berita ke sesama pengguna.

Ketiga fitur yang dijelaskan, Circle, Hangout & Sparks, masing-masing diberikan video YouTube sebagai tutorial.

Selain itu di situs Google+ juga tersedia menu ‘Take a tour’ yang ditujukan bagi pengguna yang ingin menjajal menu-menunya lebih detil. Tapi sayang tidak semua detil menu dapat dioperasikan secara penuh, karena harus memiliki undangan resmi untuk mengaksesnya.

Seperti yang telah Okezone coba, untuk mengakses Google+ pun cukup dengan memasukkan alamat email Gmail (yang tentunya harus memiliki undangan resmi), karena layanan jejaring sosial tersebut terhubung dengan menu Google lainnya seperti Google Docs, Google Calendar, dan lain-lain.

Untuk mencoba situs Google+, silahkan tawarkan undangan Anda ke: https://plus.google.com

Tinggalkan komentar