Siapakah Diri Kita ????

Watak, tabiat asli seseorang tidak mudah kita ketahui hanya dengan tulisan, kata-kata dan prilaku sekilas pandang yang kadang menipu kita. Bagaimanapun setiap orang ingin merasa sempurna dan sok bijak di hadapan orang lain.

sebaliknya kadang orang-orang baik, murah hati dan darmawan sering kali menutupi dirinya dengan sikap kasar dan acuh pada orang sekitar agar terlihat angkuh dan tidak darmawan.

Kepribadian seseorang sebenarnya mudah untuk kita ketahui dengan mencari kabar dari lingkungan orang-orang dekatnya atau mencermati garis keturunan dimana dia berasal bahkan hanya dengan mengetahui asal daerahnya.

Jika cara diatas tidak ampuh untuk menguak rahasia kepribadian seseorang, maka alternatif yang tak terbantahkan adalah dengan mencermati prilaku orang tersebut ketika bepergian jauh dengan kita. Percaya atau tidak bahwa setiap orang jika berada dalam keadaan musafir (dalam perjalanan) maka secara otomatis orang tersebut akan menguak rahasia sifat aslinya baik sifat normal maupun abnormalnya. Ketika kita bepergian jarak jauh dah menempuh waktu berhari-hari maka sadar atau tidak pasti kita akan menampakkan semua sisi baik dan buruk kita pada teman yang kita bawa.

Tips ini sangat manjur dan memang nyata, beberapa kali saya bepergian jauh dengan sahabat baru maupun lama, saya melihat loyalitas mereka memang beraneka ragam, ada yang baik seperti biasanya dan banyak juga yang berubah.

Saya paling tidak suka dengan orang yang sering bertanya masalah tetapi intinya cuma mau ngetes atau mempermalukan saya didepan orang lainnya. Sifat ini muncul dari salah satu teman akrab sudah bertahun-tahun tapi baru terkuak kemarin ketika kita bepergian selama empat hari dengan teman-teman lainnya.

Warning: tips ini harus digunakan dengan bijak dan benar-benar untuk hal positif bukan mengorek ngorek kejelekan orang dimata umum. Karena barangsiapa menutupi aib orang lain didunia maka Tuhan akan melupakan aib-aib kita di hari kelak.

Selalu ingat bahaya prasangka buruk terhadap orang lain dan Tuhan. Bacalah terjemahan surat Alhujarat ayat 12.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: