KIAT MUDIK SELAMAT PAKAI MOTOR

Mudik adakah ritual tahunan yang harus kita persiapkan dengan matang, begitu juga dengan kendaraan yang akn kita pakai, kendaraan yang tidak banyak menguras kocek kita tidak lain hanya sepeda motor, karena biayanya murah tentunya ada beberapa sisi kekurangannya, nah kalau dah tahu, sekarang kita harus cari cara menyiasatinya….
Berikut beberapa kekurangan mudik pakai motor dan cara menyiasatinya:
Rawan Kecelakaan
Kecelakaan pasti diawali dengan pelanggaran peraturan berlalu lintas, untuk itu hindari seminimal mungkin melanggar peraturan lalu lintas, patuhi semua rambu-rambu lalu lintas, hindari mengendara dengan cara zig zag, yakinkan setelah semua pandangan bebas baru mendahului, pilihlah lajur sebelah kiri saja, gunakan helm yang SNI saja, anda akan juga lebih selamat jika memakai jaket dan sepatu dan hidupkan lampu meski siang hari,
Daya muat sedikit
Motor secara teknis hanya boleh dikendarai dengan 2 orang saja (termasuk anak-anak), permasalahannya bagi kita yang mempunyai anak dengan barang bawaan yang banyak, beberapa tahun tahun terakhir banyak pengguna motor menyiasati dengan menaruh barang dibelakang dengan menambah stang dibelakang jok, cara ini kelihatan manjur tapi tidak ada salahnya kalau kita persiapkan dari sekarang, persiapkan stang yang akan dipakai sedemikian rupa supaya bisa menahan beban yang berat, kalau bisa yang terbuat dari pipa besi yang pipih, mintalah bantuan tukang las untuk membuatnya sekalian dirancang bagaimana supaya aman dan nyaman. yang terpenting lebar barang bawaan tidak melebihi lebar stang kemudi
Hujan dan Panas
Lebaran tahun ini dipastikan berada pada musim kemarau, tapi tidak ada salahnya siapkan juga jas hujan, barang bawaanpun sebaiknya juga dibungkus dengan bahan tahan air, dalam perjalanan yang melebihi watu tempuh 2 jam ada baiknya memakai pakaian yang bisa melindungi dari terik matahari
Mogok dan Kempes
Walaupun umur motor anda kurang dari 1 tahun, tapi ga ada salahnya melakukan persiapan yang matang:
Busi sebaiknya ganti dengan yang baru, saringan bensin ganti juga, saringan udara juga diganti dengan yang baru, kekencangan rantai juga diperiksa, bagi anda yang bawa motor diatas umur 2 tahun, jika motor ana 4 tak periksa juga katup pembuangan dan katup bahan bakar (sebaiknya serahkan pada bengkel langganan anda) dan jika motor anda 2 tak bersihkan kerak-kerak di piston dan knalpot, periksa semua lampu dan pastikan semua pada hidup, yang membutuhkan perhatian serius adalah REM, gunakan bahan kanvas rem yang ori saja, jangan lupa ban harus mendapatkan perhatian serius juga, walaupun ban dalam anda belum pernah bocor tapi jika umurnya lebih 6 bulan ganti dengan yang baru dengan merk yang anda percaya.
Mudah-mudahan perjalanan mudik anda sekeluarga selamat sampai tujuan. dan apa yang saya tulis ini mudah-mudahn dapat membantu anda sehingga Pemudik MOTOR yang selama ini dianggap sebagai biang keladi kecelakaan dapat kita tepis

3 Tanggapan

  1. nice inpho gan,.. mampir sekalian kunjungan malam :)

    makasih tlh sudi mampir

  2. setuju …
    namun apa hendak dikata, kemampuannya memang segitu …

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-2/

    salam kenal :lol:

  3. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    “Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Dan Batin” :)

    Salam sukses gan… :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: