Media Pengaduan On Line Polres Jember, Ternyata Bukan Hanya Pajangan Situs

Pergeseran paradigma pengabdian Polri yang sebelumnya cenderung digunakan sebagai alat penguasa kearah mengabdi bagi kepentingan masyarakat telah membawa berbagai implikasi perubahan yang mendasar.
Salah satu perubahan itu adalah perumusan kembali perannya sesuai Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 Pasal 2 yang menetapkan Polri berperan se laku pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, serta pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Hal ini saya rasakan sendiri implikasinya, khususnya pelayanan pengaduan online Polres Jember, satu diantara banyak bentuk  layanan pengaduan online ini ternyata bukan hanya pajangan untuk pemanis situs saja dan bukan hanya retorika belaka, ternyata pelayanan ini betul-betul menjadi jembatan putusnya informasi antara masyarakat dengan Polres Jember.

Bentuk pelayanan ini semestinya harus mendapat apresiasi positif dari masyarakat karena bentuk layanan merupakan terobosan baru dalam pelayanan Polri, betapa tidak selama ini masyarakat kebingungan jika meraka harus melakukan pengaduan atas pelayanan Polri yang kurang memuaskan…

Dan kalau boleh saya menyarankan kepada Polres Jember, bentuk pelayanan ini tidak banyak masyarakat yang tahu, untuk itu perlu adanya sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat sehingga Pelayanan ini bias dimanfaatkan secara maksimal dan sekaligus sebagai kontroling bagi oknum-oknum yang sering menyalahgunakan jabatannya…

Tulisan terinspirasi dari kejadian yang saya alami, karena saya merasa tidak puas dengan pelayanan Satuan LAKA LANTAS POLRES Jember atas penangan Barang Bukti dari kecelakaan lalulintas anak saya “Ega” pada tanggal 21 Juli 2009 Seperti yang saya tulis sebelumnya

Sungguh diluar dugaan saya setelah saya posting pengaduan online di Situs Polres Jember, 30 menit kemudian saya di telepon Kanit Laka Lantas Polres Jember Bapak Ipda Sutanto, SH, dengan sangat santun sekali beliau mengkonfirmasi pengaduan Online saya, dan berjanji akan menindaklanjuti secepatnya….8 Jam kemudian (20.00 WIB) Handphone, kaca mata minus dan kartu pelajar dikembalikan kepada kami…. Tidak berlebihan kiranya kalau saya mengatakan Ini adalah Pelayanan Terbaik…. Dan pantaslah kalau saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Kanit Laka Lantas Polres Jember Bapak Ipda Sutanto SH….

Link Pengaduan rupanya sudah tidak ada lagi, jika anda ingin menyampaikan saran dan kritik silahkan anda kujungi halaman FB Polres Jember DISINI

9 Tanggapan

  1. apa yang terjadi di polsek patrang,kasus penganiayaan yang terjadi sekitar 4 bulan yang lalu hingga saat ini tidak ada tindak lanjut,kejadian terjadi disekitar POM bensin baratan,kec. patrang.
    hasil visum dan saksi sudah ada,tapi hingga saat nihil.
    mohon dijadikan periksa adanya kejadian ini tanpa memandang status dan ekonomi.
    tegakkan hukum agar wibawa Polri tetap terjaga di hati kami semua selaku masyarakat yang sadar hukum.

    • bagaimana mau ditindak lanjuti, kalau kita masyarakat kecil gak bisa bayar administrasi di laka. maaf ibu/bapak kita juga masyarakat kecil. mau pengaduan kita cepat ditanggapi oleh POLISI gampang Bisa diatur…….. WANI PIRO…….. itu bu kaya iklan 76 di tv. insyaAllah masalah ibu segera diselesaikan……

  2. kami sebagai warga jember, ingin menanyakan kepada bapak Kasat Lantas Polres Jember, mengenai seringnya operasi kendaraan yg dilakukan oleh polsek Kencong, pertanyaan saya adalah sbb:
    1. apa mmg diperkenankan operasi lalin di daerah persawahan dg menggunakan kendaraan pribadi ?
    2. apa diperbolehkan seorang BANPOL menggunakan seragam polri, dan mencegat kendaraan bermotor serta memeriksa surat2 serta menindak tegas para pelanggar ?
    3. APA MMG ADA BAYAR DENDA DITEMPAT TANPA ADANYA SURAT TILANG, ATU APAPUN ?
    Mungkin hanya ini yg bisa saya sampaikan kepada Bapak, dan mohon untuk klarifikasi tentang kejadian diatas, dan saya siap untuk menghadap apabila sewaktu waktu diperlukan, mohon maaf, td saya habis kena Rp. 20.000,-, masakah spion cm satu krn satunya hilang di pasar waktu parkir, nama saya AGUS WINARNO, alamat Jl. PB. Sudirman no 4 ds Jombang Kec. Jombang Kab,. Jember
    telp. 085646562552 atau 0336-6252855
    Hal ini perlu saya pertanyakan, karena oknum2 tersebut dpt merusak citra kepolisian.
    Terima kasih

    • lebih efektifnya pengaduan bapak langsung di webnya polres jember, link ada di tulisan diatas

  3. selamat sore……bravo polres jember,saya deddy sofyan alexander warga jember perum muktisari C-3,saya sebagai warga jember merasa resah dengan adanya kriminal yg ada di jember,saya ingin menyampaikan keluh kesah dan menanyakan atas kejadian yang menimpa keluarga kami pada hari rabu tanggal 26-06-2013,kronologis kejadiannya seperti ini :
    pada hari itu rumah saya didatangi oleh orang yang tak dikenal sejumlah 3 orang kebetulan di rumah hanya ada pembantu saya dan anak saya,mereka berpura-pura sebagai tukang service laptop seolah-olah saya yang menyuruh untuk mengambil laptop untuk diperbaiki,tanpa permisi akhirnya orang tsb masuk ke rumah saya dan mengambil laptop dan ipad di dalam kamar adik saya,melihat kejadian ini terus terang saya sangat kaget dan dan merasa was-was sekaligus masih beruntung karena tidak memakan korban jiwa,lebih kaget lagi ketika istri saya saya suruh melapor ke polsek kaliwates(drg.Siti Muthola’ah). dan informasi yang diberikan pihak kepolisian bahwa di daerah jember banyak terjadi peristiwa serupa.yang saya harapkan pihak kepolisian lebih serius menangani kasus seperti ini.dan harapan saya pelaku bisa segera ditangkap agar supaya tidak meresahkan warga jember sebelum ada korban jiwa,sekali lagi kami sebagai warga jember menyampaikan keresahan ini kepada pihak polres jember dan berharap semoga kejadian ini tidak sering terjadi di wilayah polres jember.atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih….bravo…polres jember

  4. entah kenapa saya harus mengalami kejadian ini…

    tadi malam saya melintas dari arah perempatan mastrip(sma muhammadiyah) mau menuju alun2 jember, setelah melewati jembatan lalu melalui lampu merah(karena saya belok kiri jadi saya jalan terus), dari selatan muncul pesepeda motor berboncengan yg melanggar lampu merah mengarah ke jalur saya dan hampir tabrakan, spontan saya klakson dan menegur orang tersebut karena menerobos lampu merah.
    Orang yg di bonceng malah turun menghampiri dan menggampar helm sayal, bermaksud membela diri “salah saya apa pak?”, orang tersebut seperti menantang dan berkata jika dia polisi(tidak pakaian dinas).
    Orang lain yang mengetahui kejadian ini mencoba melerai, karena tau polisi orang tsb menjauh.
    Karena tidak imbang saya sendiri vs 2 polisi perawakan tinggi, saya mengalah dan pergi daripada urusan jadi tambah runyam.

    YANG SALAH SIAPA YANG JADI KORBAN SIAPA.

    Benar saja jika polisi musuh masyarakat.
    tak sumpahin mati itu orang.

    Bobrok institusi polisi.

  5. Di terminal Tawang Alun Jember sering terjadi tindak kejahatan berupa pencopetan dan penipuan diatas bis, modusnya beberapa orang pemuda naik yg menyamar sbg penumpang dan kondektur, kondektur tanya “siapa yg kehilangan dan seterusnya…..” kelanjutanya menawarkan barang palsu yg sering jam tangan kepada penumpang yg tidak mengerti, sedang pelaku yg lain beroprasi melakukan pencopetan dengan cara cari tempat duduk yg ada penumpangnya sendirian. dan ini hampir tiap saya di jember pasti ada korban, dan sya sendiri sampai dua kali jadi korban pencopetan. Saya berharap Polres jember bisa memberi kan perlindungan kepada penumpang Bus antar kota yg melewati kota jember.

Tinggalkan Balasan

