Ditemukan, Burung Bulbul Langka

Siapa menyangka di daratan Asia masih ada spesies burung yang baru saja diketahui. Penemuan ini mengejutkan karena dalam 100 tahun terakhir tidak pernah ditemukan spesies baru lagi di Asia.

Belum lama ini, ditemukan burung bulbul yang unik, satu-satunya burung di Asia dengan kepala yang botak. Burung yang diberi nama ilmiah Passeriformes pycnonotidae tersebut ditemukan para peneliti Worldwide Conservation Society (WCS) di Laos.

“Menemukan spesies burung baru merupakan hal yang amat langka saat ini,” kata Peter Clyne, asisten direktur Program Asia di Wildlife Conservation Society (WCS) yang berpusat di New York. Burung tersebut ditemukan ilmuwan WCS masing-masing Will Duckworth dan Rob Timmins serta Iain Woxvold dari Universitas Melbourne, Australia,

Burung kepala botak itu termasuk kelompok burung yang dapat berkicau. Ukurannya sebesar burung kutilang dengan bulu-bulu berwarna hijau di punggungnya dan dada yang mengilap. Matanya yang besar dan hitam terlihat jelas di kepalanya yang botak.

Ia hidup di pepohonan yang jarang di kawasan karst atau perbukitan kapur di dataran rendah Laos. Lingkungan yang cukup terpencil dan sulit dijangkau itulah yang diduga membuat keberadaannya jarang ditemui manusia. Padahal kicauannya termasuk khas dengan suara melengking dan berulang-ulang.

Di dunia tak banyak burung berkepala botak seperti ini. Beberapa di antaranya yang sudah populer antara lain kalkun dan elang botak namun keduanya tak termasuk satu kelompok dengan bulbul.

KLICK DISINI DISKRIPSI BURUNG BUBUL

3 Tanggapan

  1. Salam ziarah,

    pakcik kemari kerana ingin melihat burungmu terima kaseh dan samoga ketemu kembali wasallam.

  2. ternyata banyak spesies hewan yang udah mulai punah ya…!

  3. Lindungi mereka dg tidak memeliharanya serta mengajak orang lain untuk bertindak sama.

    Thanks telam mampir….. betul Boss mari kita lindungi dengan tidak memelihara, kalaupun dipelihara seyogyanya ditangkar untuk diperbanyak..ok…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: