AYO DUKUNG PULAU KOMODO

MARI KITA IKUT MEMILIH KEMBALI !

TAMAN NASIONAL KOMODO TERPILIH SEBAGAI FINALIS “7 KEAJAIBAN DUNIA”

“New 7 Wonders Foundation” menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu dari 28 finalis7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam” (7 Wonders of Nature) setelah menyisihkan sekitar 440 nominasi dari 220 negara. Penetapan Taman Nasional Komodo sebagai finalis diputuskan oleh “New 7 Wonders Foundation” pada Selasa 21 Juli 2009.

Pada tahap finalNew 7 Wonders of Nature”, ke-28 finalis akan bersaing kembali tanpa memperhitungkan peringkat dan jumlah suara pada tahap sebelumnya. Seluruh masyarakat Indonesia dan dunia yang telah memberikan suara pada tahap I dan II (sebelum 7 Juli 2009 lalu), diharapkan memberikan suara kembali pada tahap III (final)

7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam” yang nantinya terpilih dari 28 finalis tersebut, akan ditentukan pada tahun 2011.

Oleh karena itu mari kita masyarakat Indonesia untuk ikut berpartipasi aktif kembali memilih “Taman Nasional Komodo” di urutan no 1 (7 yang harus anda pilih dari 28 finalis). Silahkan klik ke situs (untuk ikut memilih) : New7wonders.com

TAMAN NASIONAL KOMODO

Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat .

Taman nasional ini terdiri atas 3 pulau besar pulau KOMODO, RINCA, dan PADAR serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat Taman Nasional Komodo ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Pantai pulau Komodo

Taman Nasional Komodo ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi binatang komodo dan habitatnya. Kemudian flora dan fauna secara umum juga ditambahkan.

Pulau-pulau ini aslinya adalah pulau vulkanis. Jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa. Pada tahun 1986 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. (Sumber: Wikipedia)

BINATANG KOMODO

Komodo, atau selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Komodo termasuk anggota famili biawak Varanidae dan klad Toxicofera dan merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 meter. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator (hewan yang memangsa hewan) utama yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo ditemukan oleh peneliti Barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang di dunia. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan.

Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia. Sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka. (Sumber: Wikipedia).

Mari kita ikut berpartipasi aktif kembali untuk memilih “Taman Nasional Komodo” di urutan no 1 (7 yang harus anda pilih dari 28 finalis), agar terpilih sebagai salah satu “7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam“. Silahkan klik ke situs di bawah (untuk ikut memilih) :

New7woders.com

Satu Tanggapan

  1. Kesempatan untuk mengharumkan nama Indonesia kini sudah di depan mata. Pulau Komodo nan eksotis kini sedang menanti dukungan besar dari bangsa Indonesia.
    Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperbaiki citra Indonesia di mata dunia. hanya dengan satu langkah kecil ini, vote pulau komodo di new7wonders.com
    Iklan Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: